Minggu, 20 Desember 2015

MAKANAN KHAS TIONGHOA "SIOMAI ATAU SIOMAY"





Siomai Atau Siomay adalah makanan yang mulanya berasal dari Tiongkok (china).  Makanan ini dibawa oleh pedagang-pedagang dari tiongkok menuju indonesia, hingga saat ini makan ini selalu menjadi penghias menu tempat kuliner di Indonesia.


Siomay awalnya disajikan sebagai makanan rumahan. Awalnya siomay ini dibuat dari daging babi yang dicincang dan kemudian dibungkus dengan kulit pangsit, disajikan bersama-sama penganan lain untuk makan pagi (dimsum) atau sambil minum teh (Yam Cha).


Siomai atau Siomay Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini di sebut shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit.


di indonsia sendiri makanan ini cukup melekat pada nama daerah di jawa barat yaitu Bandung asal muasal siomay bandung ialah ketika seorang ibu keturunan Cina warga Bandung. memenangi kejuaraan membuat siomay pada acara Cap Go Meh. Sejak itulah nama bandung melekat pada makanan ini. Namun ternyata siomay di Indonesia, berubah bentuk, karena isinya bukan lagi daging , melainkan ikan tenggiri, udang, ataupun ayam, jadi dijamin siomay Indonesia pasti halal.Bentuknya pun menjadi sedikit berubah yang tadinya silinder, kini seperti bakso yang bulat.






Siomay di Indonesia tidak hanya disajikan dengan siomay saja, namun ditambah juga dengan berbagai sayuran yang sehat dan penuh manfaat. Menu tambahannya itu mulai dari kentang, kol, pare, tahu, hingga telur ayam. Kadang di dalam menu siomay juga dimasukan otak-otak dan pangsit basah yang membuat kaya rasanya. Improvisasi inilah yang dilakukan di Bandung, gunanya agar siomay lebih mengena dengan yang lebih suka makan sayuran.








Dalam resep masakan Cina, siomai adalah daging babi cincang yang dibungkus kulit yang tipis dari tepung terigu. Walaupun demikian, siomai juga dibuat dari udang, daging kepiting, atau daging sapi. Siomai dibuat berbentuk silinder, dan di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting, parutan wortel, atau kacang polong. Setelah dimatangkan dengan cara dikukus, siomai dimakan dengan cuka atau kecap asin.




Cara Membuat Siomay / Somay :
  • Tepung terigu 500 gram
  • Tepung kanji 200 gram
  • Ikan tenggiri 500 gram , haluskan
  • Bawang putih  3 siung , haluskan
  • Daun bawang 2 buah, iris halus
  • Labu siam 150 gram , serut halus
  • Garam 2 sdt
  • Air 150 ml
  • Ebi 1 sendok makan , haluskan


Bahan Pelengkap :


  • Kol rebus, gulung
  • Tahu
  • Pare
  • Kentang rebus
  • Telur rebus

Langkah-langkah membuat siomay :


  1. Campur semua bahan yang sudah dihaluskan seperti tepung terigu, tepung kanji dan sebagaimana yang tertera pada bahan utama , aduk – aduk hingga adonan menjadi kalis dan merata
  2. Jika dirasa sudah cukup dan merata adonan siomaynya, bentuk bulat – bulat seperti bakso lalu isikan sebagian adonan kedalam tahu dan pare yang sudah disiapkan dan diiris tengahnya.
  3. Jika semua telah selesai, kukus adonan tersebut yang sudah di bentuk hingga matang.
  4. Setelah matang , angkat lalu segera sajikan dengan bahan pelengkap seperti telur, kol dan irisan kentang yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Bahan-bahan untuk saus kacang :
  1. 200 gram kacang tanah goreng
  2. Cabai merah sesuai selera
  3. 3 siung bawang putih
  4. Kentang rebus 50 gram, haluskan
  5. Santan cair
  6. Garam secukupnya
Tempat Jual siomay yang non halal di tangerang :

Tempat jual siomay ini sudah terkenal kelezatannya. Siomay babi disini  sangatini enak, ada 3 macam siomay yang dijual disini yaitu, siomay babi yang bentuknya bulat, siomay telur & siomay panjang yang berisi udang, semuanya disajikan dengan siraman bumbu kacang yang pedas, gurih & harum. Bumbu kacang disini teksturnya agak kasar yang merupakan ciri khas siomay ini.

Harga

 
Harga 3.000,- /pcs sangat masuk akal dengan rasanya yang 2 jempol & ukuran siomay nya yang lumayan besar.

Lokasi & Suasana


Lokasi nya di Sewan Rawa Kucing, tepatnya di Jalan masuk pemakaman Rawa Kucing... Dari arah Pintu air Tangerang lurus ke jl. Dr. Sitanala, setelah itu ketemu persimpangan (bila ke kiri ke arah Sangego, bila kie kanan ke arah Bandara Soeta), tetap lurus sekitar 2km di sebelah kiri. Tempat nya hanya di sebuah rumah, tapi cukup luas.


Tempat jual siomay yang halal di tangerang : 

Di tempat BATAGOR VS SIOMAY ini menjualkan siomay dan batagor asli dari kota Bandung yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas, tanpa pengawet (BORACK) dan halal. Siomay disini menggunakan tahu Bandung fresh yang sudah terkenal kelezatannya selain tahu disini kami jg menyediakan batagor pangsit yang tak kalah lezat nya dan adonan ikan tenggiri asli yang diolah dan diproses secara higienis. Siomay asli Bandung dibuat oleh orang yang telah berpengalaman di bidang kuliner siomay sehingga tercipta cita rasa yang special dan selalu terjaga. Sementara ini Disini melayani pesanan siomay bandung untuk "DAERAH TANGERANG CITRA RAYA" dan sekitar nya saja.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar